محافظة على قديم الصالح والاخذ على جديد الاصلح

Orang Yang Telinganya Bersuara Nging

Orang Yang Telinganya Bersuara Nging

S. Apakah sebab musababnya telinga bersuara nging? Karena musababnya ada yang mengatakan dengan tidak berpedoman, bertahayul dan sangkaan jelek terhadap hal itu keterangan yang jelas, agar mohon dapat mengetahui yang sebenarnya dan jelas.

J. Sesungguhnya suara “nging” dalam telinga itu Rasulullah Saw. menyebut orang yang telinganya bersuara, dalam perkumpulan yang tertinggi (malla’ al-a’laa) dan supaya ia ingat pada Rasulullah Saw. dan membaca shalawat.

Keterangan, dari kitab:

1.    Al-Siraj Al-Munir

قال صلى الله عليه وسلم  إذا ظنت أذن أحدكم فليذكرني وليصل علي وليقل ذكر الله من ذكرني بجير. قال المناوي فإن الأذن إنما تطن لما ورد على الروح من الخبر الخير وهو أن المصطفى صلى الله عليه وسلم قد ذكر ذلك الإنسان بخير في الملاء الأعلى في عالم الأرواح. اھ

Jika telinga salah seorang kalian berdengung, maka hendaknya ia mengingat aku (Rasulullah Saw.) dan membaca shalawat kepadaku serta mengucapkan:

ذَكَرَ اللهُ مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ

Allah akan mengingat yang mengingatkanku dengan kebaikan.

Imam Al-Munawi berkata, sesungguhnya telinga itu berdengung hanya ketika datang berita baik ke ruh, bahwa Rasulullah Saw. telah menyebutkan orang (pemilik telinga yang berdengung) tersebut dengan kebaikan di Al-Mala’ Al-A’la (majlis tertinggi) di alam ruh.

Wallahu A’lamu Bish-showaab
____________________

1.    Ali Al-Azizi, Al-Siraj Al-Munir, (Mesir, Musthafa Al-Halabi, 1377 H/1957 M), cet. Ke-3, Jilid I, h. 156.

Nahdlatul Ulama, Ahkamul Fuqaha’ fi Muqarrarati Mu’tamarati Nahdlatil ‘Ulama, (Surabaya: Khalista, 2011), h. 179.

0 komentar :

Poskan Komentar

Silahkan disebarluaskan asal tetap menyertakan link sumbernya.

Daftar Isi * Facebook * Twitter * Google