محافظة على قديم الصالح والاخذ على جديد الاصلح

Cara Melunasi Pada Orang Yang Tidak Diketahui

Mas Roy adalah salah satu anak pesantren, ketika akan pulang, dia hutang uang pada salah satu temannya. Namun tatkala kembali ke pondok, ternyata teman yang menghutanginya sudah boyong (pulang kampung), sementara ia tidak mengetahui alamat rumahnya. Bagaimana cara melunasi hutang ketika pihak yang menghutangi tidak di ketahui tempat tinggalnya? Dan bagaimana pula jika penghutang tidak mampu melunasinya?

Jawab: Uang tersebut di shodaqohkan dengan cara menghadiahkan pahalanya pada orang yang memberi hutang. Jika tidak mampu ber-shodaqoh, maka harus memperbanyak berbuat kebaikan dan berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan harapan semoga kelak di hari kiamat pihak yang menghutangi menghalalkannya.

Referensi: Hasyiyah Al-Jamal 5/388

قَالَ الزَّرْكَشِيُّ ثُمَّ رَأَيْت فِي مِنْهَاجِ الْعَابِدِينَ لِلْغَزَالِيِّ أَنَّ الذُّنُوبَ الَّتِي بَيْنَ الْعِبَادِ إمَّا فِي الْمَالِ فَيَجِبُ رَدُّهُ عِنْدَ الْمُكْنَةِ، فَإِنْ عَجَزَ لِفَقْرٍ اسْتَحَلَّهُ، فَإِنْ عَجَزَ عَنْ اسْتِحْلَالِهِ لِغَيْبَتِهِ أَوْ مَوْتِهِ وَأَمْكَنَ التَّصَدُّقُ عَنْهُ فَعَلَهُ وَإِلَّا فَلْيُكْثِرْ مِنْ الْحَسَنَاتِ وَيَرْجِعْ إلَى اللَّهِ تَعَالَى وَيَتَضَرَّعْ إلَيْهِ فِي أَنْ يُرْضِيَهُ عَنْهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ. اھ

Wallahu Alamu Bish-showaab

(Kang Santri, Menyingkap Problematika Umat)

0 komentar :

Poskan Komentar

Silahkan disebarluaskan asal tetap menyertakan link sumbernya.

Daftar Isi * Facebook * Twitter * Google