محافظة على قديم الصالح والاخذ على جديد الاصلح

Penggunaan Bejana yang Haram dan yang Boleh Dipakai


Penggunaan Bejana yang Haram dan yang Boleh Dipakai

Dalam pasal ini diterangkan tentang bejana (wadah) yang haram dipakai dan yang tidak boleh dipakai.

Bagi pria maupun wanita dalam waktu lapang (bukan darurat) diharamkan menggunakan bejana (wadah) yang terbuat dari emas atau perak.

Seperti halnya memakai wadah (dari emas dan perak) maka haram pula membuatnya walaupun tidak dipakai, baik dari logam, emas atau perak. Demikian menurut pendapat yang shahih.

Juga dilarang menggunakan wadah yang disepuh dengan kedua logam tersebut kalau dalam proses penyepuhannya melalui pembakaran api.

Lain halnya dengan bejana (wadah) yang terbuat dari logam selain emas dan perak, walau indah tidak/haram, misalnya wadah yang diproduk dari bahan yakut.

Dan haram hukumnya menggunakan wadah yang dihiasi dengan perak besar, yang biasanya dibuat sebagai perhiasan. Tetapi kalau memang hal itu benar-benar dibutuhkan, maka tidak dilarang meskipun makruh menggunakannya. Dan tidak pula dilarang untuk perhiasan, kalau hiasannya itu kecil, tetapi hukumnya makruh. Bahkan ketika (benar-benar membutuhkan) tidak dihukumi makruh. Adapun dihiasi dengan menggunakan logam emas, mutlak terlarang. Demikian pendapat yang dianggap shahih oleh Imam Nawawi.

Referensi: Fathul Qorib pada Hamisyi Qut Al-Habib Al-Ghorib, hal. 12

فصل) في بيان ما يحرم استعماله من الأواني وما يجوز وبدأ بالأول فقال (ولا يجوز) في غير ضرورة لرجل أو امرأة (استعمال) شيء (من أواني الذهب والفضة) لا في أكل ولا في شرب ولا غيرهما وكما يحرم استعمال ما ذكر يحرم اتخاذه من غير استعمال في الأصح ويحرم أيضا الإناء المَطْلِيّ بذهب أو فضة إن حصل من الطِلاَء شيءٌ بعرضه على النار (ويجوز استعمال) إناء (غيرهما) أي غير الذهب والفضة (من الأواني) النفيسة كإناء ياقوت ويحرم الإناء المضبب بضبة فضة كبيرة عرفًا لزينة فإن كانت كبيرة لحاجة جاز مع الكراهة أو صغيرة عرفا لزينة كرهت أو لحاجة فلا تكره أما ضبة الذهب فتحرم مطلقا كما صححه النووي. اھ

Wallahu A’lamu Bish-showaab

0 komentar :

Poskan Komentar

Silahkan disebarluaskan asal tetap menyertakan link sumbernya.

Daftar Isi * Facebook * Twitter * Google