محافظة على قديم الصالح والاخذ على جديد الاصلح

Harut Dan Marut Termasuk Jenis Malaikat

Harut Dan Marut Termasuk Jenis Malaikat

S. Harut dan Marut itu termasuk jenis malaikat, jin, ataukah manusia?
J. Para ulama dalam hal tersebut berbeda pendapat, tetapi Muktamar memilih pendapat yang menyatakan, bahwa Harut dan Marut itu dari jenis malaikat yang terjaga dari perbuatan dosa (ma’sum)
Keterangan, dalam kitab:

1. Tanwirul Qulub:

وأما ما اشتهر من قصة هاروت وماروت وجعلهما ملكين يعلمان السحر مع زيادة كذب المؤرخين أنهما عوقب ومسخا فذلك كله كذب وزور وباطل لا يحل اعتقاده فيهما أنهما إن لم يكونا ملكين فتعليمهما السحر لم يكن لأجل العمل به بل للتحرز منه بتعريف حقيقته وبيان شره وعقوبته. ولهذا أخبر الله إنهما ما كانا يعلمان من احد حتى يقولا إنما نحن فتنة فلا تكفر. تنوير القلوب

Adapun kisah yang terkenal tentang Harut dan Marut, yang kemudian keduanya dijadikan sebagai malaikat yang mengajarkan sihir disertai adanya tambahan kebohongan oleh para sejarahwan bahwa keduanya telah dihukum dan berubah bentuknya, semuanya itu adalah dusta, palsu dan batil, tidak layak untuk diyakini dan didengarkan.
Adapun yang wajib diyakini adalah bahwa jika keduanya bukan malaikat maka masalahnya menjadi jelas. Sedangkan jika memang malaikat, maka pengajaran mereka tentang sihir tidak dimaksudkan untuk diamalkan, namun sebagai kewaspadaan dengan memberitahukan hakekatnya dan menjelaskan keburukannya serta hukumannya. Oleh karenanya Allah mengkafirkan (al-Bagarah: 103) bahwa mereka tidak pernah mengajarkan sihir kepada siapapun, sehingga mereka sampai berkata: “kami ini hanya sebagai cobaan, karenanya janganlah kamu kafir”.
Wallahu A’lam Bish-showaab
____________________

1. Muhammad Amin al-Kurdi, Tanwir al-Qulub, (Beirut: Dar al-Fikr, 1414 H/1994 M), h. 85

Nahdlatul Ulama, Ahkamul Fuqaha’ fi Muqarrarati Mu’tamarati Nahdlatil ‘Ulama, (Surabaya: Khalista, 2011), h. 51.