محافظة على قديم الصالح والاخذ على جديد الاصلح

Mempercayai Hari Naas

Mempercayai Hari Naas

S. Bolehkah berkeyakinan terhadap hari naas, misalnya hari ketiga atau keempat pada tiap-tiap bulan, sebagaimana tercantum dalam kitab Lathaiful Akbar?

J. Muktamar memilih pendapat yang tidak membolehkannya.

Keterangan, dalam kitab:

1. Fatawa Al-Haditsiyah

مَنْ يَسْأَلْ عَنِ النَّحْسِ وَمَا بَعْدَهً ِلإِيْجَابِ اْلاِعْرَاضِ عَنْهُ وَتَصْفِيْهِ مَا فَعَلَهُ وَيُبَيِّنُ قُبْحَهُ وَاِنَّ ذَلِكَ مِنْ سُنَّةِ الْيَهُوْدِ لاَ مِنْ هَدْيِ الْمُسْلِمِيْنَ الْمُتَوَكِّلِيْنَ عَلىَ خاَلِقِهِمْ وَبَارَئِهِمْ الَّذِيْنَ لاَ يَحْسَبُوْنَ وَعَلىَ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ. وَمَا يُنْقَلَ مِنْ اْلاَيَّامِ اَلْمَنْقُوْطَةِ وَنَحْوِهَا عَنَ عَلِيِّ كَرَّمَ اللهُ وَجْهَهُ بَاطِلٌ كَذِبٌ لاَ أَصْلَ لَهُ فَلْيَحْذِرْ مِنْ ذَلِكَ. اھ

Barangsiapa yang bertanya tentang hari sial dan sesudahnya maka tidak perlu dijawab, melainkan dengan berpaling, menganggap bodoh tindakannya dan menjelaskan keburukannya. Semua itu merupakan kebiasaan orang Yahudi dan bukan petunjuk orang Islam yang bertawakal kepada penciptanya yang tidak pernah menggunakan “hisab” dan bertawakal terhadap Tuhanya serta. Dan hari-hari nestapa yang dinukil dari shahabat Ali -karramallahu wajhah- adalah batil, dusta dan tidak berdasar, maka berhati-hatilah dari semuanya.

Wallahu A’lamu Bish-showaab
____________________

1. Ibnu Hajar Al-Haitami, Al-Fatawa Al-Haditsiyah, (Mesir: Musthafa Al-Halabi, 1390 H/1970 M), Cet. Ke-2, hal. 28.

Nahdlatul Ulama, Ahkamul Fuqaha’ fi Muqarrarati Mu’tamarati Nahdlatil ‘Ulama, (Surabaya: Khalista, 2011), h. 60.