محافظة على قديم الصالح والاخذ على جديد الاصلح

Nabi Isa Akan Turun Kembali Ke Dunia Sebagai Nabi Dan Rasul

Nabi Isa Akan Turun Kembali Ke Dunia Sebagai Nabi Dan Rasul

S. Bagaimana pendapat Muktamar tentang Nabi Isa a.s. setelah turun kembali ke dunia. Apakah tetap sebagai Nabi dan Rasul? Padahal Nabi Muhammad Saw. adalah Nabi terakhir. Dan apakah mazhab empat itu akan tetap ada pada waktu itu?

J. Kita wajib berkeyakinan bahwa Nabi Isa a.s. itu akan diturunkan kembali pada akhir zaman nanti sebagai Nabi dan Rasul yang melaksanakan syariat Nabi Muhammad Saw. dan hal itu, tidak berarti menghalangi Nabi Muhammad Saw. sebagai Nabi yang terakhir, sebab Nabi Isa a.s. hanya akan melaksanakan syariat Nabi Muhammad Saw. sedangkan mazhab empat pada waktu itu hapus (tidak berlaku).

Keterangan, dalam kitab:

1.        Asna al-Mathalib

قال تعالى: ولكن رسول الله وخاتم النبيين. ولا يعارضه ما ثبت من نزول عيسى عليه السلام أخر الزمن لأنه لا يأتي بطريقه ناسخة بل مقررة لشريعة نبينا صلى الله عليه وسلم عاملا بها.

Allah berfirman (al-Ahzab: 40) “…akan tetapi Rasulullah dan penutup Nabi-Nabi” firman Allah tersebut tidak bertentangan dengan (hadis) yang menjelaskan tentang turunnya Isa a.s. di akhir zaman, karena ia tidak akan datang dengan ajaran yang menghapus ajaran Nabi Muhammad Saw., namun akan menetapkannya dan mengamalkannya.

2.        Al-Fatawa al-Haditsiyah

سئل نفع الله به بما لفظه أجمعوا على أن عيسى يحكم بشريعتنا فما كيفية حكمه بذلك بمذهب أحد من المجتحدين أم باجتهاد؟ فأجاب بقوله عيسى عليه السلام منزه عن أن يقلد غيره من بقية المجتحدين بل هو أولى بالاجتهاد. إه

Beliau ditanya (mudah-mudahan Allah memberi manfaat terhadap ilmu beliau), dengan statemen: Para ulama sepakat bahwa Nabi Isa a.s. akan melaksanakan hukum berdasarkan syariat kita (Islam), maka bagaimanakah cara pelaksanaan hukumnya apakah berdasarkanslah satu mazhab dari mazhab-mazhab yang ada ataukah berdasarkan ijtihad? Jawabnya adalah, bahwa Nabi Isa a.s. itu tersucikan dari ikut menjadi muqallid terhadap imam-imam mujtahid, bahkan ia lebih utama untuk berijtihad sendiri.

3.        Al-Mizan al-Kubra

فانظر ياأخي إلى العين في أسفل الشجرة وإلى الفروع والأغصان والثمار تجدها كلها متفرعة من عين الشريعة إلى أن قال: إلى أن يخرج المهدي عليه السلام فيبطل في عصره التقيد بالعمل بقول من قبله من المذاهب كما صرح به أهل الكشف إلى أن قال: ثم إذا نزل عيسى عليه السلام انتقل الحكم إلى أمر اخر وهو أنه يوحى إلى اليد عيسى عليه السلام بشريعة محمد صلى الله عليه وسلم على لسان جبريل عليه السلام. إه

Maka lihatlah wahai saudaraku apa yang ada di bawah pohon dan cabangnya, rantingnya serta buahnya, maka Anda akan mendapatkan semuanya bercabang dari inti syariat,... sampai keluarnya imam Mahdi yang akan membatalkan amalan yang berdasarkan taklid pada mazhab-mazhab yang ada pada masanya seperti telah dijelaskan oleh para ahli kasyaf,… sampai kemudian Nabi Isa a.s. turun, maka bergantilah hukum ke yang lainya dan bahwasanya ia mendapatkan wahyu untuk melaksanakan syariat Muhammmad Saw. melalui lisan Jibril a.s.

Wallahu A’lam Bish-shoowab
____________________

  1. Syaikh al-Islam Zakariya al-Anshari, Asna al-Mathalib, (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1422 H/2001 M), Cet. Ke-1, Juz VI, h. 252. 
  2. Ibn Hajar al-Haitami, al-Fatawa al-Haditsiyah, (Mesir: Musthafa al-Halabi, 1390 H/1970 M), Cet. Ke-2, h. 180. 
  3. Abdul Wahhab Al-Sya’rani, al-Mizan al-Kubra, (Mesir: Musthafa al-Halabi, t. th), Cet. Ke-1, Juz I, h. 49.

Nahdlatul Ulama, Ahkamul Fuqaha’ fi Muqarrarati Mu’tamarati Nahdlatil ‘Ulama, (Surabaya: Khalista, 2011), h. 52