Meninggal Dalam Keadaan Puasa Giginya Disiwaki
Jika seseorang meninggal dalam keadaan berpuasa. Apakah makruh kalau disiwaki?
Jawab: Tidak makruh, karena hukum makruh berlaku disaat masih hidup. Sementara menurut Imam Ar-Romli hukumnya haram. Sebab bau mulut orang yang meninggal disaat berpuasa disamakan dengan darahnya orang yang mati syahid (tidak boleh dihilangkan).
Referensi:
1. Tuhfatul Muhtaj, Juz I hal. 223
بَعْدَ الزَّوَالِ) خَرَجَ بِهِ مَا لَوْ مَاتَ فَلَا يُكْرَهُ؛ لِأَنَّ الصَّوْمَ انْقَطَعَ بِالْمَوْتِ وَنُقِلَ عَنْ فَتَاوَى الشَّارِحِ م ر مَا يُوَافِقُهُ ع ش عَلَى م ر وَفِي حَاشِيَتِهِ هُنَا أَيْ عَلَى الْمَنْهَجِ مَا نَصُّهُ فَرْعٌ مَاتَ الصَّائِمُ بَعْدَ الزَّوَالِ هَلْ يَحْرُمُ عَلَى الْغَاسِلِ إزَالَةُ خُلُوفِهِ بِسِوَاكٍ وَقِيَاسُ دَمِ الشَّهِيدِ الْحُرْمَةُ وَقَالَ بِهِ الرَّمْلِيُّ اهـ بُجَيْرِمِيٌّ وَيَأْتِي عَنْ شَيْخِنَا مِثْلُهُ
2. Bughyatul Mustarsyidin, hal. 31
Wallahu A’lamu Bish-showaab
Sumber: Kang Santri, Menyingkap Problematika Umat, Juz I hal. 34
لو مات الصائم بعد الزوال حرم إزالة خلوفه بالسواك قياسا على دم الشهيد قاله م ر اھ بج
Wallahu A’lamu Bish-showaab
Sumber: Kang Santri, Menyingkap Problematika Umat, Juz I hal. 34
Sangat bermanfaat sobat
BalasHapus