محافظة على قديم الصالح والاخذ على جديد الاصلح

Kencing Di Kolam Renang

Kencing Di Kolam Renang

Labib adalah pemuda yang hobinya berenang, baik ia lakukan di sungai atau kolam renang (termasuk jeding). Masalahnya adalah, Ia belum bisa menghilangkan buruknya, yaitu suka kencing di sungai atau di kolam saat ia berenang. Bagaimanakah hukum kencing di sungai atau di kolam renang disaat berenang?

Jawab: Jika airnya sedikit, maka hukumnya makruh, baik airnya mengalir atau diam. Sedangkan menurut Imam Nawawi hukumnya haram.

Referensi: Hasyiyah Al-Jamal, Juz 1 hal. 89

وَأَنْ لَا يَقْضِيَ حَاجَتَهُ فِي مَاءٍ رَاكِدٍ ولَا فِي جُحْرٍ وَمَهَبِّ رِيحٍ وَمُتَحَدَّثٍ لِلنَّاسِ وَتَحْتَ مَا يُثْمِرُ لِلنَّهْيِ عَنْ الْبَوْلِ فِيهِ فِي خَبَرِ مُسْلِمٍ وَمِثْلُهُ الْغَائِطُ بَلْ أَوْلَى وَالنَّهْيُ فِي ذَلِكَ لِلْكَرَاهَةِ وَإِنْ كَانَ الْمَاءُ قَلِيلًا لِإِمْكَانِ طُهْرِهِ بِالْكَثْرَةِ أَمَّا الْجَارِي فَفِي الْمَجْمُوعِ عَنْ جَمَاعَةٍ الْكَرَاهَةُ فِي الْقَلِيلِ مِنْهُ دُونَ الْكَثِيرِ ثُمَّ قَالَ وَيَنْبَغِي أَنْ يَحْرُمَ الْبَوْلُ فِي الْقَلِيلِ مُطْلَقًا لِأَنَّ فِيهِ إتْلَافًا عَلَيْهِ وَعَلَى غَيْرِهِ وَأَمَّا الْكَثِيرُ فَالْأَوْلَى اجْتِنَابُهُ. اھ

Wallahu A’lamu Bish-showaab

Sumber: Kang Santri, Menyingkap Problematika Umat, Juz I hal. 59